30
APR
2013

Seminar “Membentuk Pemikiran Kritis Logis dalam Menulis”

Pada hari Minggu, 28 April 2013, mulai pukul 09.00 sampai dengan 13.30 WIB, bertempat di Ruang 3.1.1, Fakultas Hukum UGM, Keluarga Mahasiswa Magister Hukum mengadakan Seminar Penulisan Karya Ilmiah dengan tema “Membentuk Pemikiran Kritis Logis Dalam Menulis”. Acara ini diisi oleh Dr. Ririt Yuniar, S.Sos., M.Hum (aktivis penulis dari Litbang STP), Dr. Amir Husni, S.Pi, M.P (perwakilan dari LPPM Universitas Gadjah Mada), dan Michael Herdy Hadylaya S.H (penulis yang juga mahasiswa Magister Hukum UGM). Seminar ini diadakan untuk memfasilitasi kalangan mahasiswa yang sering mengalami kesulitan dalam melakukan penulis ilmiah, padahal ide untuk menulis bertebaran dalam kepala mereka.

Seminar ini langsung di buka oleh Dr. Enny Nurbaningsih, S.H., M.Hum., Ketua Program Studi Magister Hukum Universitas Gadjah Mada. Dalam sambutan pembukaannya, beliau mengemukakan perihal pengtingnya budaya menulis bagi mahasiswa, utamanya karya ilmiah. Menurutnya, ada banyak permasalahan sebenarnya yang bisa diangkat untuk ditulis oleh mahasiswa, apabila dilihat dengan teliti. Program studi yang ia pimpin saat ini pun mendukung penuh bagi mahasiswa yang ingin melakukan penbelitian terkait permasalahan hukum.

Sementara itu, Dr. Ririt Yuniar, S.Sos., M.Hum, dalam pemaparannya mengemukakan bahwa penulisan sebuah karya ilmiah harus dilihat dari berbagai faktor, seperti pemilihan isu (baru dan aktual), formulasi isu atau fokus yang unik, bahasa atau gaya tulisan khas,komprehensif, intefral, dan holistik dalam pembahasan, serta adanya analisis yang mendalam. Perlunya wawasan yang luas dimana mahasiswa bisa memperkaya dari banyaknya referensi buku yang dibaca, banyak mengikuti pemberitaan, sehingga diharapkan mahasiswa sensitif dengan isu-isu yang bisa menjadi poin permasalahan dan dapat diangkat dalam sebuah tulisan. Lebih lanjut ia berharap dengan memperbanyak wawasan, mahasiswa akan terbiasa untuk berkonteplasi dan mampu mengaitkan hubungan permasalahan beserta hal-hal yang terkait antara yang satu dengan yang lain berdasarkan perspektif tertentu.

Pembicara dari LPPM Universitas Gadjah Mada, Dr. Amir Husni, S.Pi., M.P., memaparkan lebih kepada perihal tata cara mendapatkan dana hibah penelitian bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian. Dalam sesi 2 seminar yang dimoderatori Rendi Saputra, S.H., mahasiswa Magister Hukum UGM, beliau menekankan bahwasannya mahasiswa harus lebih proaktif pada dosen masing-masing dalam  melakukan penelitian, karena penelitian sebagian besar banyak diperuntukkan untuk kalangan dosen.

Pada sesi ketiga, Michael Herdi Hadi Lala, S.H., penulis yang juga merupakan mahasiswa Magister Hukumm UGM ini, membagi pengalamannya selama menulis di berbagai media massa lokal maupun nasional, guna membakar semangat perserta seminar yang seluruhnya mahasiswa untuk berani dan aktif menulis. Menurutnya, gagap menulis merupakan hal yang wajar dialami oleh para mahasiswa, dan hal itu pun pernah dialaminya sebelum sejumlah tulisannya menghiasa sejumlah surat kabar.

“Media massa memiliki kelas dan kriteria masing-masing, misalnya Kompas yang dibaca oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat kelas menengah ke atas yang notabenenya berpendidikan tentu memiliki kriteria tersendiri dalam menyadur tulisan-tulisan yang masuk. Koran-koran lokal tentu memiliki pembaca setianya sendiri yang secara geografis berada di jangkauan komersial koran itu sendiri. (*)

 

Sumber berita

Berita disalin dari: Seminar Penulisan Karya Ilmiah dengan tema “Membentuk Pemikiran Kritis Logis Dalam Menulis”

Leave a Reply

*

captcha *